Rekomendasi Make Up Cosplay Low Budget!

Sejak banyaknya kemunculan beauty influencer di jagat maya ini, makin banyak yang suka dan mulai belajar dandan, nggak cuman anak kuliahan aja, bahkan anak SMP pun sudah mulai ingin mencoba pakai make up natural ke sekolah. Tapi sementara itu, jarang banget nih ada rekomendasi atau tutorial buat make up cosplay. Nah, untuk mengobati rasa penasaran kalian para pecinta makeup, khususnya bagi yang ingin belajar dandan ala cosplay, JoyPixel punya inspirasi menarik buat kamu!

PENTING: PUNYA WIG CAP DAN SOFT LENS!

Langkah pertama yang harus diperhatikan saat mau makeup cosplay, kamu harus pastiin kalau punya wig cap dan juga softlense. Karena inti dari makeup cosplay adalah menimbulkan efek cute, dengan wig dan softlense kamu bisa tampak dua kali lebih cute dari biasanya. Wig cap sendiri merupakan pelindung rambut agar pemasangan wig nya lebih mudah, untuk softlensenya nggak mesti harus ada ukurannya, kalau kamu keperluannya hanya untuk foto-foto aja.

TONER & MOISTURIZER

biar wajahmu terasa lebih halal, produk ini sekitar 30ribuan, bisa kamu cari di counter wardah (doc. pusat kosmetik)

 

Sebelum mengaplikasikan make up, pastiin dulu wajah kamu bersih dari debu-debu bandel dengan cara mengusapkan toner pada wajah menggunakan kapas bersih. Lalu aplikasikan moisturizer supaya wajah kamu lembab dan lebih mudah untuk meresapi makeup. Rekomendasi toner yang aman dan murah biasanya merk Viva dan untuk moisturizer-nya bisa menggunakan produk dari Wardah ataupun Emina.

PRIMER 

ini yang digadang gadang jadi dupe nya porefessional benefit! (doc. feelunique)

Setelah wajah terasa lembab, aplikasikan primer yang kamu punya untuk menyamarkan pori-pori agar hasil makeup tampak lebih flawless dan rata. Untuk primer sendiri jarang ditemukan yang harganya super murah dan brand lokal, biasanya primer bagus dan sudah diakui beauty influencer itu produk baby skin milik Maybelline yang didapuk menjadi dupe-nya professional benefit yang harganya bisa diatas Rp200.000,-

FOUNDATION & CONCEALER

ini bisa jadi foundation maupun concealer, pokoknya paket lengkap deh! emang agak pricey, tapi worth it kok! (doc. canmake)

Layaknya membangun gedung, nggak akan berdiri kokoh tanpa pondasi. Begitu juga dengan wajah, setelah menggunakan primer, silahkan aplikasikan foundation, bisa diratakan menggunakan jari atau beauty blender.  Setelah dirasa makeup-nya sudah rata, untuk menutupi gelap dibawah mata kamu bisa menggunakan concealer. Untuk concealer sendiri kamu bisa menggunakan sponge kecil ataupun tap-tap dengan jari.

Kalaupun nggak ada concealer juga sebenernya nggak masalah, tinggal aplikasikan foundation yang tadi untuk menutup kemerahan atau gelap di bawah mata. Untuk memilih foundation dan concealer sendiri usahakan satu tingkat lebih cerah dari warna kulit kamu. Cara membuktikannya dengan membalurkan sedikit foundation atau concealer di balik lengan.

Ada salah satu brand Jepang bernama Canmake yang memiliki UV Silky Fit Foundation, foundation ini berbentuk padat dan cara pemakaiannya seperti bedak biasa, namun perbedaannya coverage-nya lebih tinggi dan nggak perlu lagi pakai concealer, ya bisa dibilang lebih hemat menggunakan compact foundation ini, karena selain coverage-nya bagus, dia juga melindungi wajah kamu dari paparan sinar ultraviolet dengan SPF30/PA++.

EYESHADOW 

Salah satu hal terpenting dalam makeup cosplay adalah bermain dengan mata, kamu bisa menggunakan warna eyeshadow sesuai dengan cosplay yang kamu perankan. Rekomendasi eyeshadow murah dan pigmentasinya luar biasa adalah Inez, merk lokal yang sudah diakui oleh beauty influencer. Tanpa eyeshadow base pun warna eyeshadow dari Inez ini akan terlihat menawan di kelopak mata.

EYELINER, EYELASHES & MASCARA

Untuk mempertegas riasan mata, kamu bisa menambahkan eyeliner pada kelopak mata, bisa membentuk wing liner ataupun biasa, tergantung riasan cosplay yang kamu perankan. Setelah menggunakan eyeliner, kamu bisa menggunakan eyelashes atau bulu mata palsu untuk mendapatkan hasil riasan mata yang lebih menawan, kalau kamu kurang puas dengan hasil bulu mata palsu, kamu dapat mempertegas lagi menggunakan mascara.

EYEBROW 

Sebenarnya untuk tahap ini terserah kamu ingin menggunakan warna apa untuk alisnya, karena cosplay tergantung dengan karakter yang diperankan. Pada dasarnya eyebrow hanya tersedia warna hitam, abu-abu dan juga cokelat gelap. Kalau kamu membutuhkan warna pink ataupun hijau kamu bisa menggunakan eyeshadow aja.

COMPACT POWDER 

Setelah semuanya sudah diaplikasikan, kamu bisa menggunakan compact powder ataupun translucent powder untuk mengunci make up kamu agar nggak mudah luntur ketika terkena keringat.

BLUSH ON & SHADING 

Langkah terakhir yaitu mengaplikasikan blush on dan shading. Blush on sendiri berguna untuk menjadikan wajah lebih cerah dan berwarna, aplikasikannya di area tulang pipi menggunakan blush brush yang sudah banyak di jual di tempat kosmetik. Nggak mesti beli brush mahal karena fungsinya sama aja. Bedanya hanya brush asli terkadang menggunakan bulu binatang, sementara brush yang biasa dijual murah menggunakan bulu sintetis. Namun keduanya nggak masalah, disesuaikan aja sama budget kamu.

Untuk shading sendiri berguna untuk mempertegas dimensi wajah agar terlihat lebih tirus, dan juga mancung (bagi yang memiliki hidung, ehem, maaf, pesek). Mengaplikasikannya bisa menggunakan brush juga yang biasanya sudah satu set dengan blush brush maupun foundation brush. Shading diaplikasikan di area rahang bawah, sisi ujung kiri-kanan dahi, bawah tulang pipi (persis dibawah tempat blush on diaplikasikan), dan juga sisi kiri-kanan hidung.

Gimana, udah siap buat nyoba sendiri? Jangan lupa di-share ya hasil make up-nya nanti!

Written by
die hard fans of unicorn, sushi, flamingo and rose gold thing.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>