Chihayafuru Part 3 – Review: Adaptasi yang Sempurna

User Rating: 10

Salah satu film yang sangat ditunggu pada gelaran Pekan Sinema Jepang 2018 adalah Chihayafuru Part 3. Film apa tuh? Jadi, Chihayafuru merupakan film live action adaptasi dari manga karya Yuki Suetsugu-sensei yang berkisah tentang para siswa SMA yang demen banget memainkan permainan kartu Jepang kuno yang disebut Karuta.

Alasan kenapa Film ini ditunggu-tunggu adalah karena persis 2 tahun lalu 2 buah film prequelnya (Chihayafuru Part.1 dan Chihayafuru Part.2) juga tayang di Indonesia pada gelaran yang sama dengan tajuk yang berbeda, Japan Film Festival 2016, bahkan aktor utamanya, Shuhei Nomura, juga diundang sebagai bintang tamu pada acara waktu itu.

PLOT CERITA TIDAK MELENCENG DARI ADAPTASI DENGAN KEMASAN YANG MENARIK

Chihayafuru versi anime

Melanjutkan cerita dari film sebelumnya, Chihaya Ayase tokoh utama yang menjadi pusat perhatian di film ini. Ia bersekolah di SMA Mizusawa, suatu daerah di Tokyo sebelah Barat bersama ke-4 temannya: Taichi Mashima, Kanade Ooe, Yusei Nishida dan Tsutomu Komano. Kelima orang ini terkumpul dalam ekstrakulikuler karuta, di mana mereka sangat ingin menjuarai turnamen nasional.

Mengingat ini adalah tahun ketiga mereka, kelima sahabat ini pun menghadapi berbagai masalah lain selain menghadapi turnamen nasional. Mulai dari nggak ada anak baru yang daftar ekskul karuta, ngebagi waktu antara turnamen dan sekolah, hingga masalah asmara yang dibumbui dengan “friendship fallouts”. Yahh, khas kisah-kisah anak SMA-lah pokoknya.

Jika dilihat sekilas, film ini mungkin akan sangat membosankan. Pasalnya, kita cuma disuruh liat orang memilih kartu yang bertebaran didepannya dengan aba-aba puisi kuno Jepang yang kita sama sekali nggak tau artinya.

Namun, jangan khawatir, Joyfriends. Dalam film adaptasi ini sang sutradara Nori Koizumi sukses mengantarkan emosi di setiap adegan filmnya. Semua asumsi kebosanan itu akan sirna ketika semua informasi tentang karuta disampaikan melalui kemasan aksi visual yang menarik. Jadi, kamu nggak bakal bingung dan bisa memahami aksi yang dilakukan oleh para karakter dalam film ini. Hitung-hitung juga bisa jadi belajar salah satu budaya klasik Jepang.

BERTABUR BINTANG

Para Pemeran Chohayafuru Part.3 sumber: doramaworld.blogspot.com

Hal lain yang menjadi pertimbangan kenapa kamu harus nonton film ini adalah taburan bintang muda berbakat Jepang. Buat yang ngefans sama budaya pop Jepang, kamu pasti kenal pemeran Chihaya Ayase yaitu Suzu Hirose. Aktris berusia 20 tahun ini sudah malang melintang di dunia hiburan Jepang, mulai dari model, bintang film, drama, video klip, iklan, bahkan sampai jadi MC. Dialah yang menjadi pusat dari segala perhatian dalam film ini.

Nah buat cewe-cewe nih, kamu bakalan disuguhin 2 chou-ikemen aktor utama film ini yaitu Shuhei Nomura sebagai Taichi Mashima dan Mackenyu Arata sebagai Arata Wataya. Mereka adalah osananajimi (temen dari kecil) yang memendam rasa ke Chihaya.

Tak ketinggalan Yuma Yamoto sebagai Yusei Nishida alias nikuman dan Yuki Morinaga sebagai Tsutomu Komano, serta Mone Kamishiraishi sebagai Kanade Ooe yang menjadi supporting role. Meski perannya hanyalah karakter pendukung, tiga orang ini sangat berpengaruh di perjuangan  Mizusawa Karuta-buu di turnamen karuta sejagad Jepang. Terutama si Kanade Oee (Mone Kamishiraishi) yang bener bener menarik perhatian dengan perannya yang mampu meredam ledakan emosi Chihaya dan mengayomi para junior mereka.

Terdapat juga 3 pemeran tambahan baru yang ternyata juga jebolan rookie star award tahun ini yaitu Kaya Kiyohara sebagai Iori Wagatsuma, salah satu pesaing utama pemain wanita karuta Chihaya. Lalu ada juga Hayato Sano, Akihiro Tsukuba, dan Mio Yuki  sebagai anggota baru Mizusawa Karuta-buu dengan masing-masing sifat dan latar belakang meraka.

ADAPTASI YANG BELUM BERAKHIR

Meski udah sampe tiga bagian, Chihayafuru Part 3 bukanlah kisah pamungkas dari seorang gadis yang bercita-cita menjadi Ratu permainan karuta. Mengingat kisah dalam manga-nya masih jauh dari kata tamat, begitu pula film ini, Joyfriends. Sutradara Nori Koizumi yang juga membuat dua film sebelumnya udah menyatakan undur diri dari kisah Chihaya. Ia memberikan kesempatan pada sutradara lain yang mungkin berminat melanjutkan perjalanan Chihaya dan kawan-kawan.

Nah, buat kamu yang kepengen menyaksikan langsung dengan mata kepala sendiri Chihayafuru Part 3, film ini masih akan tayang satu kali lagi di rangakaian acara Pekan Sinema Jepang 2018 pada hari Sabtu, 15 Desember 2018 pukul 17.45 WIB di CGV Grand Indonesia.

Summary
Chihayafuru Part 3 adalah salah satu film adaptasi manga yang terbaik yang pernah ada. Harapannya sih semua film adaptasi di masa depan bisa dibuat sesempurna ini. Film ini wajib banget ditonton buat kamu yang pengen kenal lebih jauh salah satu permainan klasik dari Negeri Sakura.
Good
  • Salah satu live action hasil adaptasi terbaik
  • Para bintang ternama sukses menghidupkan karakternya dengan baik
  • Memberikan gambaran soal salah satu permainan klasik asli Jepang
  • Efek visual yang kece
  • Pace-nya pas, nggak terlalu cepet, nggak terlalu lambat
10
Perfect
Written by
| Logistician Wannabe | Pop Culture Entusiast | Anime Maniac |

Is the Story Interesting?

1 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>