The Mule: Review – Akting Berkelas Clint Eastwood Untuk 100 Tahun Lagi!

User Rating: 7.5

Clint Eastwood nggak ada matinya! Meski usia nyaris menginjak kepala sembilan, nyatanya kualitas akting beliau tetap terjaga dengan baik, seperti yang ditampilkan lewat The Mule.

Nggak cuma berakting, aktor yang sukses melakoni berbagai jenis peran menantang seperti di Hang ‘Em High, Play Misty for Me, Dirty Harry, Escape from Alcatraz, Tightrope, The Bridges of Madison County, hingga Gran Torino juga berlaku sebagai sutradara sekaligus produser di film ini.

Nggak heran, aksinya menuai banyak pujian, baik dari kalangan perfilman Hollywood maupun global. Pasalnya, peran yang dipikul oleh Eastwood kali ini terbilang cukup sulit, Leo Sharp.

Buat yang belum tahu, Leo Sharp adalah seorang pensiunan tentara yang tertangkap basah pada 2011 lalu menjadi kurir narkoba bagi sebuah kartel kenamaan asal Meksiko, Sinaola Drug Cartel.

Kasusnya sempat menghebokan dunia karena ia disebut-sebut sebagai kurir narkoba tertua yang mampu menyelundupkan 100-300 kilogram kokain dari perbatasan Amerika Serikat-Meksiko ke Detroit.

Tugas Eastwood tampak berat mengingat ia harus berakul adil, antara mengangkat kisah sukses sang kakek dengan keberhasilan DEA (Drug Enforcement Administration) mengungkap jaringan narkoba tersebut. Dan Eastwood melakukannya dengan baik!

Jauh Terasa Dekat

The Mule membuka tirai dengan kesehariaan Earl Stone (Eastwood) yang terinspirasi dari Leo Sharp, seorang veteran perang Korea yang harus tiba-tiba jatuh miskin usai usaha jual-beli bunga bangkrut. Nggak cuma itu, ia juga harus menghadapi kenyataan hidup jauh dari keluarga sejak bercerai dengan istri.

Namun, keinginannya untuk membahagiakan sang cucu, Ginny (Taissa Farmiga) mendorongnya untuk terjun ke dunia kartel narkoba. Ia diterima lantaran sang kartel melihat kondisi fisik Stone yang nggak mudah dicurigai petugas keamanan.

Sejak itu, Stone pun rutin mengantarkan paket-paket kokain yang disimpan di belakang truknya. Mimik santai Stone bahkan mampu mengelabui beberapa petugas patroli perbatasan yang mulai mencium aktivitas jual-beli narkoba sepanjang Illinois.

Usai beberapa kali melaksanakan tugas kurirnya dengan sukses, nama Stone mulai harum di kalangan kelompok kartel narkoba tersebut. Kondisi finansialnya pun mulai membaik yang membuatnya kembali dekat dengan sang istri dan keluarga besar.

Namun, semuanya berubah saat DEA mengutus Colin Bates (Bradley Cooper) dan rekannya, Trevino (Michael Pena) untuk menyelidiki aktivitas haram tersebut. Hal ini diperparah dengan keadaan internal kartel yang memburuk paska tewasnya sang boss, Laton (Andy Garcia) di tangan anak buahnya.

Stone pun menghadapi dilema yang cukup pelik, antara tetap menyelesaikan tugasnya sebagai kurir dengan resiko tertangkap basah atau mundur dengan bahaya kematian yang mengancam.

Dibalut durasi 116 menit, The Mule menawarkan alur cerita yang menarik. Pembawaan karakter Stone yang dimainkan oleh Eastwood terasa dekatyt di hati meski nggak banyak informasi yang dikulik dari karakter aslinya.

Alhasil, transisi tiap adegan terasa mengalir lancar tanpa ada baitan lubang yang mengancam. Narasi yang dibawakan oleh Eastwood pun cukup dinamis membuat manja penonton mengikuti satu adegan ke adegan lainnya, sehingga kata monoton nggak ada di kamus The Mule.

Berbagai gelak tawa dibagi Eastwood lewat celotehan-celotehan polos khas manula. Emosi penonton pun bakal diperas deras kala film memasuki menit-menit akhir, memancing empati lebih kepada karakter yang dimainkan oleh Eastwood.

Sayang, untuk sebuah film crime drama, The Mule cukup bermain aman. Nggak banyak twist yang hadir sepanjang film mengingat Eastwood enggan merusak cerita aslinya, meski hampir seluruh material diubah (karakter hingga latar tempat).

Meski demikian, dengan bujet yang cukup besar, USD 50 juta, The Mule memang bukan karya terbaik Eastwood, baik sebagai aktor maupun sutradara. Namun, dengan kisah yang ditawarkan serta pembawaan karakter yang sangat hangat, jangan heran Eastwood bakal tetap tampil bagus untuk 100 tahun lagi!

Long live, kakek Clint!

 

7,5 out 10

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>