Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Oh Wonder, Duo Elektronik dari London

Oh Wonder tetap menjadi duo elektronik yang low profile dan malah nggak mau jadi selebritis. (doc. grcmc)

Nama Oh Wonder belakangan ini semakin wira-wiri jadi bahan obrolan di sekitar kita. Nggak terkecuali di tongkrongan maupun di media sosial. Pasti ada aja temen-temen yang status Path-nya lagi playing lagu Oh Wonder, seperti Without You.

Duo elektronik yang namanya tengah naik daun ini nggak lepas dari kontribusi banyaknya platform atau website yang menyediakan wadah untuk kita mengeksplor karya kita. Seperti Blog misalnya, bagi yang suka menulis. Contoh suksesnya udah banyak, salah satunya yang udah sukses seperti Raditya Dika yang bermula dari diary pribadi di blog lalu berlanjut ke YouTube. Bicara soal media sosial berbagi video punya Google tersebut, nggak lepas juga salah satu contohnya Rich Chigga. Namun, nama terakhir di media sosial yang sama dan juga Soundcloud, yang saat ini sedang booming lagi dimanfaatkan oleh Oh Wonder.

Grup musik asal London ini beranggotakan Anthony West dan juga Josephine Vander Gucht. Meskipun terlihat seperti pacaran, tapi seseungguhnya mereka sama sekali nggak pacaran. Seperti dikutip quora.com, di sesi tanya jawabnya dengan Oh Wonder, Vander bilang kalau mereka nggak ingin diusik dengan pertanyaan semacam “Apakah kalian berdua pacaran?” atau sejenisnya. Yang mereka ingin adalah pendengar fokus kepada musik yang mereka sampaikan, bukan kisah behind the untold story mereka. Bahkan Anthony pun bilang kalau mereka sama sekali nggak ingin menjadi selebritis, yang selalu diterpa isu gosip belaka.

Sama seperti pengguna portal online streaming music lainnya, mengunggah karya lalu didengar oleh beberapa orang. Sampai saat ini mereka udah meraup followers sebanyak 178 ribu orang. Namun uniknya mereka punya cara sendiri dalam mengunggah karyanya di Soundcloud, yang saat ini masih menjadi andalan mereka berdua dalam menyebarkan karya.

Meski mengaku nggak pacaran, mereka selalu saja terlihat layaknya ABG baru pacaran.

Dikutip dari DailyOrange.com, Oh Wonder memiliki sebuah kesepakatan di mana satu lagu setiap bulan untuk satu tahun. Hal ini rupanya inisiatif dari mereka sendiri untuk menantang diri mereka dalam memproduksi sebuah lagu. Dalam sesi tanya jawab mereka dengan WonderlandMagazine.com beberapa waktu lalu, setelah enam bulan terakhir membuat lagu, mereka melihat reaksi pendengar ternyata mendapat respon positif, dan semakin banyak orang yang merasa ‘nyambung’ dengan musik yang dibuat oleh duo London ini.

Bagi Anthony dan juga Vander, pencapaian tersebut merupakan sebuah proyek yang seru dan menarik karena melihat antusiasme pendengar yang juga kerap menunggu kehadiran lagu-lagu terbaru keluaran mereka.

Pemilik akun instagram iamjosephinevg dan antwestmusic ini melakukan segala produksi project album Oh Wonder-nya dengan tangan sendiri. Begitu pula dengan cover album yang mereka jadikan visual art dalam portal musiknya. Setelah menjadi rising star di Soundcloud, mereka mengunggah video pertamanya di YouTube pada tanggal 15 May 2015 dengan judul Livewire dengan penonton 14 juta. Kemudian penonton terbanyak berikutnya adalah pada judul Without You yang berhasil meraup penonton sebanyak 38 juta pada 2016 lalu, yang juga menajdi loncatan mereka berdua di dunia musik.

Meski digadang-gadang menjadi band ter-hype tahun ini, kenyataannya masih banyak yang nggak tahu keberadaan Oh Wonder! Walaupun begitu, kata Anggi salah satu penikmat musik indie di Indonesia mengatakan, “Menurut aku Oh Wonder, bagus sih ya, musiknya unik dan cukup memuaskan aku sebagai pendengar. Bagi aku itu keren dengan penonton sebanyak itu hingga membuat tur sendiri, karena rata-rata indie memang begitu tanpa label musik mereka punya penggemar sendiri,” pungkasnya.

Kalau kamu penikmat musik Oh Wonder juga, apa sih lagu favorit kamu?

Written by
die hard fans of unicorn, sushi, flamingo and rose gold thing.

Is the Story Interesting?

1 0

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.